Senam Massal dan Perpisahan Mahasiswa KKN-PPM UGM Bendo 2017

Bendo (30/7) – Pada hari ini Minggu 30 Juli 2017, mahasiswa KKN-PPM UGM Bendo 2017 menyelenggarakan acara senam sehat masal sekaligus acara perpisahan KKN dengan warga Dusun Bendo.

Mahasiswa KKN-PPM UGM 2017 mulai melaksanakan KKN pada tanggal 10 Juni 2017, dan selama kurang lebih 2 bulan telah melaksanakan berbagai kegiatan di Dusun Bendo. Mulai dari pelatihan, lomba, bantu administrasi, pembangunan fisik lingkungan, dan sebagainya. KKN-PPM UGM 2017 Bendo Wukirsari memiliki tema utama “Pengembangan IT dan Pendampingan Pendidikan PAUD” yang bersama dengan Bapak Dukuh diarahkan untuk bisa disesuaikan dengan angan-angan masyarakat Bendo menjadi Desa Wisata.

Puluhan program telah dilaksanakan dengan baik oleh mahasiswa KKN-PPM UGM 2017, harapannya adalah kedepannya program tersebut menjadi manfaat dan dapat diimplementasikan secara kontinyu di Dusun Bendo.

Dalam acara perpisahakan hari Minggu tersebut, mahasiswa KKN mempersiapkan acara senam sehat bersama dan menyiapkan berbagai doorprise hiburan menarik sehingga warga menjadi antusias. Dipimpin langsung oleh instruktur senam, acara Senam Masal menjadi meriah dan heboh tentu saja.

Acara puncak diakhiri dengan penutupan, pamitan dari mahasiswa KKN-PPM kepada Bapak Dukuh dan masyarakat Bendo serta penyerahan kenang-kenangan dan simbolis penyerahan hasil kerja KKN selama kurang lebih dua bulan ini. Harapan dari mahasiswa KKN-PPM tentu saja semua yang telah dikerjakan dan diberikan dengan susah payah untuk dapat diterima dan terus dijaga. #BendoHebat yang menjadi Campaign Dusun Bendo semoga benar-benar terwujud menjadi Padukuhan/Dusun yang hebat!

Lansia Sehat! Senam Lansia Bendo bersama Mahasiswa KKN-PPM UGM Bendo

Bendo (29/7) – Mahasiswa KKN-PPM menyelenggarakan berbagai program di Dusun Bendo, salah satunya adalah kegiatan senam lansia yang dilaksanakan secara periodik setiap weekend di lapangan Balai Padukuhan Bendo.

Para lansia terlihat antusias mengikuti senam sehat lansia yang dipimpin oleh mahasiswa KKN-PPM UGM. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung kegiatan Bendo Sehat dari segala umur, mulai balita sampai lansia.

Selain senam lansia, terdapat juga pemberian tips kesehatan oleh mahasiswa KKN-PPM UGM kepada para lansia dan juga suguhan makanan dan minuman sehat kepada para lansia. Diharapkan untuk kedepannya kegiatan ini bisa terus terlaksana sehingga lansia dan masyarakat Bendo secara umum bisa lebih sehat.

PAUD Arimbi dan Mahasiswa KKN-PPM UGM Bendo

Bendo (29/7) – PAUD Arimbi merupakan satu-satunya sarana pendidikan anak usia dini yang ada di Padukuhan Bendo. Terletak di RT 05 dekat dengan Bendungan Bendo dan alam, sawah, dan sebagainya menjadikan PAUD Arimbi memiliki potensi besar dalam mendidik anak-anak untuk dapat melihat dan menghargai alam sekitar.

Selain berkegiatan di masyarakat, Mahasiswa KKN-PPM UGM juga ikut masuk ke dalam kegiatan PAUD dalam rangka mendukung pendidikan yang ada di dalam sekolah sekaligus tempat bermain anak-anak tersebut. Selama beberapa kali pertemuan, anak-anak PAUD Arimbi Bendo bermain dan belajar bersama Ibu Guru dan mahasiswa KKN-PPM UGM Bendo.

Berbagai kegiatan telah diselenggarakan, diantaranya adalah revitalisasi PAUD (mengecat dan membersihkan lingkungan serta fasilitas PAUD),  sampai mengajar PAUD menjadi kegiatan mahasiswa KKN-PPM UGM. Sebagai contoh adalah kegiatan pengenalan buah dan sayur, pentingnya gosok gigi, cuci tangan yang benar, dan sebagainya.

Anak -anak PAUD Arimbi dididik sedimikian rupa dengan cara yang menyenangkan sehingga anak-anak menjadi antusias dalam mengikuti pembelajaran baik oleh Guru maupun dari mahasiswa KKN-PPM UGM.

 

Mahasiswa Jepang Belajar Tandur di Bendo

Bendo (26/7) – Keindahan alam dan pemandangan yang asri merupakan salah satu potensi Dusun Bendo. Lingkungan yang dikelilingi persawahan membuat Bendo menjadi salah satu dusun dengan keindahan alam yang mampu memikat mata.

Bendo memiliki sawah yang sangat luas, sehingga banyak warganya bermatapencaharian petani terutama padi-padian.

Kegiatan menanam padi di Bendo oleh para petani rupanya menarik salah satu mahasiswa asing dari Jepang, Yuna Okino, untuk ikut belajar menanam padi. “Saya merasa sangat senang”, ungkap gadis keturunan asli Jepang ini. Ia mengaku merasa gembira bisa belajar menanam padi di sawah secara langsung.

Dusun Bendo yang memiliki potensi seperti ini bisa dikembangkan lebih jauh menjadi tempat wisata edukasi alam dan budaya. Salah satunya dengan menanam padi yang mampu menarik perhatian wisatawan untuk belajar, terbukti dari  orang asing yang bahkan merasa senang dengan edukasi bercocok tanam seperti ini.